Renung

Akhir-akhir ini, aku lagi kepikiran sesuatu. Sebenernya.. pikiran2 ini udah lama seliweran di benakku, (dan memang sudah seharusnya), tapi, sekarang terasa begitu dekat dan.. menuntut.

Apa yang udah kalian rencanakan untuk masa depan?
Udah taukah kalian, mau ke mana habis kuliah,, mau gimana cari kerjanya,, mau kapan menikah,, dsb dsb rencana masa depan. Mungkin ada yang mikir hal2 itu masih jauh, masih lama, jalani aja sekarang apa adanya. Tapi, hidup tanpa rencana nggak akan berjalan baik. Oke, kita semua tau bahwa Allah lah pemegang takdir. Tapi, apa kita bakal diem2 aja, tenang2 aja, nunggu takdir itu datang ke kita? Nggak kan?

Apa yang akan kita dapatkan nanti tergantung pada usaha kita sekarang. Apa yang udah kamu persiapkan untuk hidupmu? Apa bekal yang udah kamu punya untuk menghadapi kerasnya kehidupan? Punya keterampilan? Punya keahlian? Punya koneksi? Punya materi?
Dan kalau kamu belum punya (dan aku jelas belum punya),, mungkin kamu juga patut cemas, seperti aku.

Hidup di jaman kayak gini nggak mudah. Itu fakta yang semua orang tau. Jadi, kita harus gimana?

Kalo ngliat nilai2 kuliah: Hmm...
Kalo nginget2 aku bisa apa: Hmm...
Intinya aku belum punya bekal untuk masa depanku.

Iri lho, sama anak2 yang sekolahnya semacam SMK. Kalaupun mereka akhirnya nggak nglanjutin ke perguruan tinggi, mereka udah bisa buka usaha sendiri. Mereka malah udah ngerti duluan, langsung ngalami betapa hidup dengan usaha dan keringat sendiri tu nggak gampang. Bahwa uang yang ada di tangan mereka tu mereka dapat dengan susah payah. Dan itu mbikin mereka lebih menghargai kerja keras yang dilakukan untuk mendapatkannya.

Itu mbikin aku mikir, aku udah nglakuin apa? Uang yang orang tuaku kasih tu udah aku balas dengan apa? Hasil kerja keras mereka selama ini itu udah aku gunakan buat apa?
Dan aku nggak nemuin jawaban yang bisa memuaskanku.
Aku belum cukup berbuat sesuatu untuk bisa menuntunku pada sesuatu di depan sana.
Pikiran2 semacam "aku nanti kuliah mau berapa taun?", "kapan aku kerja?", "kapan aku menikah?", menuntut reaksiku untuk bertidak. Tapi apa? Aku nggak tau juga.
Apalagi aku anak pertama. Apa hubungannya? Aku merasa tanggung jawabku lebih besar daripada adik2ku. Itu aja, sekarang, aku belum bisa menetapinya.

Berulang kali kukatakan pada diriku untuk mencari apa yang belum kudapatkan, tapi pada akhirnya aku mendapati diriku tidak melakukan apa-apa.

9 komentar:

ailehcram mengatakan...

wawawawaa

aku juga mikir "habis kuliah aku jadi apa"
takut e sand

tapi aku yakin besok saat waktunya tepat pasti kita secara reflek mikir sekaligus bertindak untuk menjawab pertanyaan itu.

he

copey lagi mengatakan...

aku pengen beasw ke pensilvania taun depan, berarti lulusku 5 tahun.
setelah itu magang 2 tahun.
s2 inginya planologi.mengkhususkan psikologi-arsitektur.plan A>di KAUST,plan B>di UI.
ingin nikah sama arsitek keren,ketemu di dunia kerja.(plan B nya taaaruf)
usia nikah 25-27.
S3 desainer interior. mungkin diCeko.hhe.
*gamana san, ini pernah kupikirkan juga. tapi masi ngarang banget. belom pake analisis plus-minusnya.
**buat aja planmu^^menyenangkan kok ngerencanainnya..hahahahahahaha. entah terkabul entah gak. mungkin lebih baik?

Journal Kinchan mengatakan...

kalau aku sendiri mungkin juga udah mulai memikirkannya san. tapi ora segarang cope *asyem cope garang banget plan e. tapi semoga sukses hahaha.
aku masih cinta sama fotografi.
mkanya dari sekarang aku mencoba sering ikut proyek orang. belajar bekerjasama, kalo misalnya.. akhir2nya kau bakal makan dari bidang ini. aku ga punya pikiran apapun tentang akuntansi. biar akuntansiku nilai nya A biar aku bisa magang, tapi yang namanya gasuka gabakal seneng njalaninnya..

kalo udah lulus, mungkin sambil nunggu dapet kerja, aku mau kuliah di jurusan desain. mungkin MSD ato ADVY. tentu saja sambil mencari beasiswa S2. aku ga tau mau ambil S2 apa. masa komunikasi.. diketawain ayam aku ntar.
tapi yang paling aku pengenin,
nikah! hahaha.
aku pengen bisa traveling sama bojoku keliling dunia suatu saat nanti.
makanya aku pengen punya kerjaan yang membuatku bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain, ato bojonya. hahaha.

jujur, saat ini aku merasakan,
kuliah di FEB mendidik aku jadi seorang pegawai kantor,
bukannya enterpreneur.

uuugh.. sebenernya kalo masalah ditanyai ini aku masih galau...
aku terlalu takut bermimpi terlalu tinggi.

matahari mengatakan...

aku punya teman2 yang hebat..

ria krisna mengatakan...

wah, aku jadi pengen komenin blog mu ma komenin komen di atas2. bakalan panjang dong.
hahahaha.

lulus pengen s2 di jepang. Semoga sebelum lulus aku dah pertukaran pelajar kesana. Jadi ga pengen2 banget s2.

klo udah, kerja kantoran ajaa.. Tinggal ada ga ya yang mau nerima aku.. Cari kerjaan yang enak. Punya ilmu yang ga bisa di punya semua orang. Dari mahasiswa aja kliatan kan, ada yang kreatif ada yang ga. Ada yang pikiran cethek ada yang punya pemikiran luas. Na, pengen memanfaatkan itu dan pengen jadi consultant sesuatu. kerja klo dapet order. sisanya bisa ditinggal jalan-jalan. *sakpenake*
btw, aku kepikiran jadi konsultan pas komen blogmu. hehehe

@kin2: kin, bukane emg tempatmu tu buat jadi pegawai dan bukanya entrepreneur ya? klo entrepreneur ngaranku ga usah kuliah. Hahaha

Angela Asmaradana mengatakan...

nikah moy?!!!!!
lanjutkan!!
hahahahahahahahahahahahahahahaha!
AAU menunggu, AAU,AAU, AAU,,
ihiiiiyyy

matahari mengatakan...

@ kusyk :
kenapa harus yang AAU? kan masih banyak pilihan. whuahahahahahahahahahaha...
*berasa bisa milih

melynsalam mengatakan...

ikut2 gak papa ya mbak.

Kalo aku mau kulia yang bener dulu sambil belajar banyak bahasa. Trus entar kerja di KBRI di Arab saudi secara aku kulia ambil sastra arab. Uda gitu nikah sama pengusaha muda kaya raya biar bisa kuajakin traveling keliling dunia *sama kayak mbak kin.

Huehh.. bisa gak ya?
Tapi kita harus optimis kan. Mba sandra juga, ayo bikin planningnya.

Btw, salam kenal.

Angela Asmaradana mengatakan...

moy mau tau rencana kusy di masa depan?
tauk kasih tau ya,

kusy PENGEN MASUK SURGA.
sederhana kan? ^^

Posting Komentar